About

logo wpc

wepreventcrime atau biasa disebut WPC, adalah sebuah komunitas berbentuk students’ intiative yang digagas oleh 4 orang mahasiswa (Firman Setyaji, Drajat Supanga, Riefky Bagas Prastowo, dan Manshur Zikri) jurusan Kriminologi, FISIP, Universitas Indonesia, pada tanggal 16 Juni 2011. Komunitas ini aktif dalam ranah pergerakan sosial masyarakat demi menciptakan masyarakat yang aktif dan produktif. Langkah-langkah yang dilakukan oleh komunitas ini berfokus pada bagaimana meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat dan pemuda (khususnya mahasiswa Universitas Indonesia) terhadap kejahatan yang masih marak terjadi di Indonesia, juga turut serta dalam aksi untuk mencegah dan/atau meminimalisir kejahatan itu. Langkah yang dilakukan oleh WPC dalam mencegah dan meminimalisir kejahatan ialah melalui serangkaian penelitian, pengkajian, kampanye, gerakan sosial masyarakat, dan publikasi terbitan atau jurnal yang dikemas secara populer dan ringan, baik online maupun cetak. Dengan demikian, wepreventcrime berkontribusi dalam:

  1. Memotivasi masyarakat Indonesia untuk memiliki semangat bekerja dan berusaha melakukan yang terbaik dalam setiap aktivitas
  2. Mengajak masyarakat dalam aksi nyata yang sarat inspirasi, edukasi “Menuju Masyarakat Indonesia yang Produktif”
  3. Melakukan campaign yang terintegrasi antara online dan offline, dengan men-deliver konsep produktivitas.

Latar Belakang Terbentuknya Komunitas

  • Universitas Indonesia, sebagai sebuah kampus yang kegiatannya sangat padat dari setiap civitas academica-nya, tentu saja terdapat interaksi dengan lingkungan sekitar kampus. Interaksi tersebut dapat menimbulkan efek positif maupun negatif. Salah satu efek negatif yang muncul adalah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di lingkungan kampus.
  • Lingkungan Universitas Indonesia dan sekitarnya termasuk sebagai area yang rawan atau potensial untuk terjadinya tindakan kejahatan, seperti pencurian motor, perkosaan, dan penodongan (survei oleh www.anakui.com dalam tiga tahun belakangan). Hal ini disebabkan oleh keadaan lingkungan Universitas Indonesia, seluas 320 Hektar, dengan 75% merupakan kawasan hijau (hutan) sehingga memberikan kesempatan bagi orang asing atau pelaku kejahatan melancarkan aksinya.
  • Potensi terjadinya kejahatan itu menuntut setiap civitas academica untuk lebih waspada. Pelimpahan tanggung jawab pengamanan tidak cukup kepada satuan pengamanan saja. Kontribusi civitas academica juga diperlukan dalam upaya pencegahan kejahatan di lingkungan kampus Universitas Indonesia.
Objektif
  • Menggagas inisiatif dari civitas academica untuk turut berkontribusi dalam usaha menggalakkan aksi pencegahan kejahatan dan pengendealian sosial kejahatan di lingkungan institusi pendidikan, khususnya, dan masyarakat luas, umumnya.
  • Melakukan gerakan bersama, atas gagasan mahasiswa, untuk mecegah dan mengurangi kejahatan serta penyimpangan di lingkungan kampus Universitas Indonesia.
  • Menggagas sebuah komunitas, bernama wepreventcrime yang aktif bergerak dalam merealisasikan inisiatif-inisiatif dan gerakan bersama itu.
Manfaat
  • Terbentuknya pribadi mahasiswa Universitas Indonesia yang peduli terhadap keamanan lingkungan.
  • Terealisasinya mahasiswya yang aktif-produktif dalam upaya-upaya mencegah dan/atau meminimalisir tingkat kejahatan di lingkungan Universitas Indonesia, melalui serangkaian kegiatan penelitian, kajian, karya kratif, dan pengelolaan media.
  • Meningkatkan rasa aman dan kewaspadaan bagi seluruh warga yang berada di lingkungan Universitas Indonesia
Landasan Gerakan
Sejatinya terdapat 3 pendekatan dalam pencegahan kejahatan, yaitu:
  • Social crime prevention: pencegahan kejahatan secara menyeluruh (up to down) melalui kebijakan dengan mempengaruhi pola kehidupan sosial masyarakat.
  • Situational crime prevention: pencegahan kejahatan dengan membentuk rancangan situasional, bertujuan untuk mengurangi kesempatan bagi pelaku kejahatan, seperti “rumah anti maling” atau “pelengkapan instrumen-instrumenn keamanan”.
  • Community-based crime prevention: pencegahan kejahatan dengan melibatkan masyarakat setempat untuk melakukan tindakan konkret, seperti siskamling dan ronda malam.

Dalam gerakan ini, kami melakukan kampanye “sadar kejahatan” dengan menerapkan kombinasi dua pendekatan: situational crime prevention dan community-based crime prevention. Selain itu, seluruh kajian dan limu pengetahuan kriminologi-sosiologis menjadi dasar pengetahuan bagi komunitas ini untuk mencapai tujuannya.

Komunitas ini sangat berpotensi sebagai suatu komunitas yang berkontribusi melakukan suatu perubahan dalam masyarakat menuju masyarakat yang lebih baik, dengan menjadikan pemuda sebagai roda penggerak.

_______________________________________________________________________________________________________________

wepreventcrime.wordpress.com adalah sebuah blog yang dikelola oleh komunitas WPC dalam rangka menyebarluaskan kajian-kajian ilmu pengetahuan dan produksi informasi di bidang studi kriminologi. Selain sebagai perangkat distribusi hasil kajian oleh mahasiswa, wadah media online ini juga berisikan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan aktivitas WPC, Himpunan Mahasiswa Kriminologi (HIMAKRIM) FISIP UI, dan mahasiswa kriminologi lainnya.

WPC juga membuka akses bagi para pembaca atau sukarelawan yang berkeinginan untuk menyumbangkan buah karya berupa tulisan, foto dan video yang membahas tentang isu-isu kejahatan atau kajian kriminologi untuk dimuat di dalam blog ini. Karya terebut dapat dikirimkan melalui surel ke alamat redaksi WPC: wepreventcrime@yahoo.com

_______________________________________________________________________________________________________________

Buletin WPC adalah terbitan cetak yang diproduksi oleh komunitas WPC dan Himpunan Mahasiswa Kriminologi (HIMAKRIM) FISIP UI, yang memiliki misi untuk menghidupkan wacana kritisisme di kalangan mahasiswa FISIP UI, khususnya ruang lingkup Jurusan Kriminologi FISIP UI, dan juga sebagai media kreativitas mahasiswa dalam menyampaikan gagasan mereka terhadap isu-isu sosial, budaya, politik dan hukum yang ada di masyarakat kita. Media cetak ini terbit setiap bulan dengan tema-tema kajian yang bernuansa kriminologi-sosiologis.

Secara khusus, terbitan cetak ini dibuat dengan ruang lingkup pembaca di lingkungan kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia, dan secara umum untuk masyarakat luas yang memiliki keinginan mempelajari kriminologi secara ringan dan santai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s