wepreventcrime SOSPRO III (2015): KONSTRUKSI

Jpeg

wepreventcrime SOSPRO digagas oleh Divisi wepreventcrime, Himpunan Mahasiswa Kriminologi (HIMAKRIM), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia, sebagai proyek yang berfokus untuk merealisasikan inisiatif dan aksi mahasiswa di bidang sosial dan kultural dengan menggunakan perspektif kriminologis. Setelah sukses menyelenggarakan wepreventcrime SOSPRO I (2012)  dan wepreventcrime SOSPRO II (2014): PEREMPUAN BERSUARA, proyek ini lantas diniatkan menjadi proyek tahunan. Maka, pada 2015, wepreventcrime kembali menyelenggarakan proyek yang sama, tetapi dalam bentuk kegiatan berbeda yang lebih menekankan kegiatan-kegiatan artistik, dengan nama wepreventcrime SOSPRO III (2015): KONSTRUKSI. Proyek ketiga ini juga menjadi bagian dari rangkaian acara besar HIMAKRIM, yakni Kriminologi Festival 2015: “Be a Survivor”.

Tema Proyek: “KONSTRUKSI”

Di satu sisi, kata “konstruksi” mewakili persoalan tentang bagaimana suatu mekanisme, fenomena dan kategori-kategori sosial tercipta dan terbangun di masyarakat melalui praktik-praktik sosial dan kultural, bahwa sesungguhnya kenyataan sehari-hari kita dibentuk oleh pengalaman-pengalaman dan interaksi-interaksi antarmanusia dan antarlembaga sosial. Di sisi yang lain, kata ini juga dapat dipahami sebagai istilah yang merujuk pada praktik berkesenian, yakni aktivitas mencipta karya, yang sesungguhnya selalu didasari oleh suatu kesadaran (untuk) mengkonstruksi, yang dimiliki para pelakunya. Dua pengertian yang berbeda ini, sering kali terepresentasi dalam visual-visual yang selalu kita hadapi dan lihat di kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan publik maupun privat. Dengan menerapkan pengetahuan interdisipliner yang memadukan ilmu sosial dan ilmu seni ke dalam praktik kolaboratif, wepreventcrime SOSPRO III (2015) menjadikan tema KONSTRUKSI sebagai titik tolak untuk merespon gejala sosial dan budaya kontemporer di lingkup keseharian mahasiswa.

Sasaran proyek ini adalah terciptanya wadah atau laboraturium alternatif oleh mahasiswa untuk memproduksi beragam output (karya) yang bermanfaat bagi proses pengembangan wacana disiplin kriminologi sebagai ilmu pengetahuan sosial yang kontekstual terhadap situasi kekinian dan dinamika kewargaan, serta terdistribusikannya  dan semakin berkembangnya pengetahuan kriminologi tersebut, baik ke ranah disiplin pengetahuan yang lain, seperti seni, maupun ke ranah publik lainnya secara lebih luas. Tujuan lain yang tak kalah utama dari proyek ini adalah terlaksananya suatu bentuk kegiatan yang dapat mendekatkan secara langsung para calon intelektual kriminologi dengan warga masyarakat umum, sehingga tercipta pribadi-pribadi intelektual kriminologi yang berwawasan kewargaan.

wepreventcrime SOSPRO III (2015): KONSTRUKSI akan direalisasikan dalam dua bentuk kegiatan, yakni (1) lokakarya seni dan (2) pameran seni, bekerja sama dengan beberapa pelaku seni dan periset profesional di Jakarta. Lokakarya seni diselenggarakan satu bulan, dan hasilnya akan dipresentasikan secara publik dalam pameran. Aspek perspektif kriminologis yang diaplikasikan dalam proyek ini ialah pengetahuan teoritik mengenai kriminologi visual (visual criminology), sedangkan aspek perspektif seni yang mengelaborasinya adalah seni media (media art) dan seni visual (visual art).

Lokakarya seni wepreventcrime SOSPRO III (2015): KONSTRUKSI akan diisi oleh beberapa pemateri, antara lain Leonhard Bartolomeus (RURU Gallery); Mahardika Yudha (OK. Video – Indonesia Media Arts Festival); Abi Rama (Visual Jalanan); Riefky Bagas Prastowo (Yayasan Interseksi); Tyas Wardhani Pusposari (Fotografer Independen); dan Iqrak Sulhin (Departemen Kriminologi, Universitas Indonesia).*

____________________

*Informasi lebih lanjut mengenai wepreventcrime SOSPRO III (2015): KONSTRUKSI dapat diakses dengan menghubungi Luna Hapsari (@luna_hapsari ; +62 856 9486 7651), Rayhan Pratama (@rayhanpr ; +62 878 7087 7736), Andreas Meiki Sulistyanto (+62 818 0815 9034), atau mention ke twitter @wepreventcrime.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s