GELAS MABA 2013: PERANG-PERANG BIKIN SENANG

Jumat, 6 Desember 2013 lalu, divisi Seni Budaya BEM FISIP UI menyelenggarakan acara puncak dari rangkaian Gelar Apresiasi Seni Mahasiswa Baru (Gelas Maba). Acara yang sudah berlangsung dari hari Rabu, 4 Desember 2013 ini ditutup dengan penampilan teater dari seluruh jurusan di FISIP UI. Meski diguyur hujan, acara yang bertempat di Teater Kolam FISIP UI ini tetap dipenuhi oleh penonton.

“Gue berikut panitia senang banget. Mimpi yang diidam-idamkan di Gelas Maba akhirnya terwujud,” ujar Ahmad M. Islaha , atau yang biasa dipanggil Ami, selaku project officer dari Gelas Maba tahun ini.

Dengan mengusung tagline ‘Senang-senang Bukan Perang’, Gelas Maba 2013 menawarkan tema besar berupa bioskop panggung. Sementara tema khususnya adalah crime (Sosiologi), horror (Hubungan Internasional), war (Kriminologi), epic historical (Administrasi), fantasy (Kesejahteraan Sosial), sci-fi (Antropologi), disaster (Politik), dan western (Komunikasi).

Juara pertama dari pentas teater ini diraih oleh jurusan Hubungan Internasional dengan judul Bisu: Ambisi Sulastri. “Mereka cuma berempat dan mereka kuat banget dengan konsep dan peran mereka masing-masing. Unik banget cara mereka nakutin,” kata Tegar Maulana, salah satu juri di acara Gelas Maba 2013. “Overall, gue suka tiap jurusan punya karakter yang kuat. So I enjoyed every second watching them performed,” tambahnya.

Kemudian, juara kedua diraih oleh Kriminologi (Puputan Margarana), dan juara ketiga diperoleh Administrasi (Sparta: Battle of Thermopylae). Sementara untuk kategori terbaik di teater, best poster jatuh kepada Sosiologi, best script dan best choreography jatuh kepada Politik, best costume jatuh kepada Komunikasi, best scoring music dan best supporting actress jatuh kepada Kesejahteraan Sosial, best stage property jatuh kepada Administrasi, best supporting actor dan best actor jatuh kepada Kriminologi, dan best actress jatuh kepada Hubungan Internasional.

Selain teater, gallery dan parade juga merupakan aspek yang dilombakan dalam Gelas Maba 2013. Dari yang pertama sampai ketiga, juara gallery adalah Politik, Kesejahteraan Sosial, dan Kriminologi. Sementara untuk parade adalah Kriminologi, Komunikasi, dan Hubungan Internasional. Setelah akumulasi penilaian, gelar juara umum diterima oleh Kriminologi.

“Buat juara umum, they deserved it. Pertunjukan utama itu menurut gue puncak dari kesatuan semangat anak-anak Kriminologi,” ujar Tegar. Rezza Yolanda sebagai project officer dari Kriminologi juga menyatakan bahwa ia senang dan tidak menyangka bisa menjadi juara umum. “Intinya acaranya seru banget! Benar-benar terharu sama kemenangan tahun ini,” tambah Rezza.

Gelas Maba 2013 mendapat respon positif dari berbagai pihak. Apresiasinya pun ramai disampaikan lewat mikroblog Twitter. “The best Gelas Maba I ever seen!” tutur @ipuleadership. Komentar senada juga dilontarkan oleh @gandesmita, “Senang nonton @GELASMABAUI tahun ini! Semuanya keren-keren! :)”. Tidak kalah, @agungsuss juga mengutarakan kepuasannya. “Secara pribadi.. Semua menang atas tema mereka masing-masing.. Selamat buat semua jurusan, nggak rugi berdiri 5 jam lebih. @GELASMABAUI PECAH!!!!”

Acara berjalan aman dan dinikmati baik dari penonton, juri, dan panitia. “Dan yang paling bikin gue senang adalah, ‘Senang-senang Bukan Perang’ bisa terwujud,” papar Ami, mengungkapkan kepuasannya akan Gelas Maba tahun ini.

Miranda Olga Viola


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s