Seminar Kriminologi

        Pagi tadi beberapa mahasiswa kriminologi dari Program S1, S2 hingga S3 mengikuti kegiatan Seminar Kriminologi. Seminar Kriminologi merupakan suatu mata kuliah yang menuntut mahasiwa untuk membuat proposal yang baik mengenai penelitian yang akan dibuatnya dan pada akhir pertemuannya mempresentasikan proposal tersebut di depan banyak orang. Seminar Kriminologi yang diadakan pagi tadi berlangsung cukup kondusif dan baik. Jumlah mahasiswa yang cukup banyak membuat seminar kemudian dibagi menjadi tiga kelas. Dalam seminar ini, mahasiswa yang telah menyelesaikan proposalnya diharapkan dapat mempresentasikan proposalnya dengan baik di hadapan dosen dan juga mahasiswa-mahasiswa dari berbagai angkatan. Masalah-masalah yang diangkat dalam seminar kali ini pun sangat beragam dan menarik, mulai dari fenomena suporter, pengaruh media massa, hingga dekriminalisasi cannabis. Seminar ini dianggap penting karena dalam seminar ini mahasiswa dapat berlatih untuk mempresentasikan penelitiannya di hadapan orang banyak, di sisi lain mahasiswa juga bisa mendapatkan kritik dan saran yang bisa membangun dari dosen agar proposal penelitian yang telah dibuat dapat menjadi proposal yang lebih baik lagi. Salah seorang mahasiswi yang baru saja menyelesaikan seminar, Techa, mengaku senang dengan adanya mata kuliah ini “ya, kaya gini bagus lah jadi kita bisa belajar untuk mempresentasikan penelitian kita ke depan banyak orang, dan kita juga kan bisa langsung  dapet tanggepan dan saran dari dosen kalau masih ada kesalahan dalam proposal penelitian yang kita bikin” ujarnya. Seminar Kriminologi yang berlangsung dari jam delapan pagi hingga empat sore tadi dipenuhi banyak mahasiswa, tidak terkecuali mahasiswa baru 2012. Hal ini kemudian mendapat tanggapan dari Techa “seharusnya yang diwajibkan datang mahasiswa angkatan 2011 dan 2010 karena kalo 2010 kan tahun depannya mereka akan ambil mata kuliah ini, kalo 2011 sebagai persiapan untuk ngambil mata kuliah metode penelitian kriminologi. Kalo 2012 kan masih baru takutnya masih kurang ngerti dan situasi ketika presentasi juga jadi terkesan sepi pertanyaan”.  Untuk melihat dokumentasi gambar dari Seminar Kriminologi yang berlangsung tadi pagi dapat dilihat di sini

Mengapa harus Presentasi Seminar Kriminologi?

            Sebagaimana yang dijelaskan oleh Koordinator Mata Kuliah Seminar Kriminologi, Prof. Adrianus Meilala, Seminar Kriminologi kembali diadakan di tahun ajaran ini setelah di tahun sebelum-sebelumnya digantikan dengan kebijakan pembuatan poster yang akan dipublikasikan di depan umum. Kini, dibawah kepemimpinan Mohamad Kemal Dermawan, Seminar Kriminologi diadakan kembali. Disaat Prof Adri, biasa disapa, ditanya mengenai hal ini, beliau menjawab “ya, kan kita berbicara mengenai pencapaian. Kan ada yang melihat dari segi pencapaian akan tercapai dengan mengadakan seminar lalu menjadi bagus.”

            Mata Kuliah Seminar memiliki tujuan agar proposal yang telah dibuat mahasiswa selama satu semester menjadi lebih matang dan kemudian siap untuk dieksekusi sebelum menjalani masa penulisan Skripsi bagi program S1, Tesis bagi program S2 dan Disertasi bagi program S3. Mahasiswa dituntut membuat latar belakang penelitian, masalah penelitian, pertanyaan penelitian dan sebagainya dengan jelas yang kemudian dipaparkan di depan rekan-rekan mahasiswa lainnya serta moderator yang merupakan akademisi untuk dikomentari dan dikoreksi agar menjadi lebih baik.

            Di dalam mata kuliah Seminar Kriminologi ini terdapat beberapa kategori penilaian. Selain dari karya tulis yang telah dibaca oleh pihak penguji, yang diperhatikan adalah bagaimana cara penulis bisa meyakinkan para pendengarnya. Hal itu dilihat dari bagaimana ia bisa dengan jelas memaparkan isinya, kesanggupan menjawab pertanyaan, dan mempertahankan argumen dari isi proposalnya. Pada saat Prof. Adri menjabat sebagai ketua departemen Kriminologi, dia berpendapat bahwa ketika mahasiwa telah selesai dengan proposal mereka, mahasiswa tersebut harus menyebarkan ide proposal tersebut ke luar. Beliau kemudian mengeluarkan kebijakan untuk membuat poster agar terjadi proses desiminasi, dimana masyarakat menjadi tahu dan mengenal studi kriminologi. “Sesuatu yang baik itu tidak boleh dibawa sendiri, tapi harus dibagi.” ujarnya.

    Melalui poster tersebut, mahasiswa dituntut untuk berkreasi bagaimana dengan space kecil yang tersedia mereka bisa mengkomunikasikan ide dan hal apa yang akan mereka lakukan dengan cepat dan juga menarik sehingga masyarakat bisa mengetahui maksudnya. Kemudian, mahasiswa akan mendapatkan timbal-balik berupa komentar dari masyarakat terkait dengan isi konten dan nilai estetikanya. Namun, kini kebijakan tersebut tidak lagi diterapkan.

           Di lain sisi, Prof. Adrianus juga melihat ada tiga hal yang masih harus diperbaiki dari diadakannya Seminar Kriminologi.  Pertama, kurangnya partisipan yang hadir dalam presentasi Seminar Kriminologi. Seharusnya bukan hanya teman-teman dari mahasiswa yang sedang diuji saja yang hadir, para akademisi, staf-staf pengajar dan berbagai kalangan lain sebaiknya juga  hadir agar proposal yang diajukan oleh mahasiswa dapat diperbaiki lebih baik lagi. Kedua, sebenarnya mahasiswa juga sudah berlatih untuk presentasi sejak sebelum-sebelumnya. Hal itu terjadi saat mahasiswa berkonsultasi dengan pengajar saat selesai membuat latar belakang, permasalahan, pertanyaan penelitian, metode yang digunakan dan lain-lain. Dan ketiga, beliau ingin memperkenalkan kriminologi kepada banyak orang dan pengetahuan yang diberikan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

          Untuk kedepannya, Prof. Adrianus ingin agar mata kuliah Seminar Kriminologi ini juga dapat dibarengi dengan pembuatan poster. Jika demikian, maka selain mahasiswa dapat memperbaiki proposalnya sehingga kualitasnya semakin baik, mereka juga dapat ‘menjual’ idenya ke masyarakat. Karena memang, sebagai kelompok kriminologi, kita juga dituntut untuk mempublikasikan dan mengenalkan apa itu kriminologi, studi-studi serta pemikiran-pemikirannya sehingga masyarakat dapat menerapkannya secara positif di lingkungan sekitarnya.


3 thoughts on “Seminar Kriminologi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s