Open Recruitment WePreventCrime 2013

banner oprec wpcSalam Tahun Baru!!

Mari kita sambut tahun 2013 ini dengan suatu perubahan. Regenerasi merupakan sebuah kata yang tepat yang kami gunakan demi keberlangsungan sebuah organisasi agar berjalan lebih baik lagi. Kira-kira hampir 1 tahun wepreventcrime sudah berkarya, melalui tulisan maupun tindakan nyata. Memasuki tahun yang baru ini maka kami redaksi wepreventcrime siap melakukan regenerasi.

Maka, memasuki tahun kepengurusan baru, wepreventcrime yang merupakan bagian dari Himpunan Mahasiswa Kriminologi juga membuka open recruitment untuk periode 2013. Jadi buat temen-temen Mahasiswa Kriminologi yang mau aktif berkonstribusi melalui tulisan-tulisan dan segala hal yang berhubungan dengan jurnalistik, kami wepreventcrime menantang teman-teman semua. Ayo ikut oprec-nya!!

Masuk WPC, nanti kegiatannya apa aja?

Setahun lalu, mungkin teman-teman sudah pernah membaca edisi cetak bulanan berbentuk bulletin terbitan wepreventcrime, atau karya-karya lainnya yang ada di halaman blog wepreventcrime. Yap! Kurang lebih seperti itulah gambaran kegiatan kami di wepreventcrime. Namun bukan hanya itu saja, kami juga melakukan kegiatan jurnalistik lainnya, mulai dari peliputan, pengolahan, sampai penyajian berita baik di edisi cetak maupun di halan blog kami.

Masuk WPC, berarti nanti kerjanya cuma bikin berita?

Eits, ga cuma itu! Jurnalistik khususnya bulletin dan halaman blog memang salah satu kegiatan rutin kita, tetapi kegiatan kita bukan hanya  itu saja. Dengan bertujuan mengembangkan sumber daya manusia mahasiswa kriminologi, kita juga mengadakan kegiatan-kegiatan lainnya, seperti pelatihan jurnalistik dan workshop. Oh iya, kalian masih inget acara Social Project yang jadi salah satu acara Pekan Kriminologi 2012? Itu juga merupakan salah satu bentuk kegiatan wepreventcrime yang dapat dikatakn sebagai tindakan konkrit kami selain kegiatan jurnalistik.

Berarti, ada banyak divisi dong di WPC?

Memang pada tahun 2012 lalu, wepreventcrime hanya terdiri dari kepengurusan yang sederhana. Namun, demi mengembangkan wepreventcrime dan sumber daya manusia dari Mahasiswa Kriminologi, maka struktur wepreventcrime kali ini terdiri dari 3 divisi utama yang dibawahi oleh Pimpinan Umum yang juga selaku Pimpinan Redaksi. Pertama, Divisi Redaksi, yang mengurus terbitan-terbitan dan publikasi hasil karya wepreventcrime seperti bulletin dan postingan di halaman blog.Divisi Redaksi sendiri mencakup Redaktur Pelaksana, Redaktur Fotografi, dan Redaktur Artistik. Jadi Divisi Redaksi akan bertanggung jawab terhadap konten produk wepreventcrime yang akan dipublikasikan ke publik.

Selanjutnya, Divisi Kajian, Penelitian dan Pengembangan. Dapat dikatakan divisi ini menjadi jantungnya wepreventcrime. Tugasnya adalah mencari dan mengkaji isu-isu yang akan dikembangkan baik dalam bentuk terbitan, kajian, dan diskusi untuk mengembangkan kemampuan anggota wepreventcrime. Kemudian ada Bagian Penelitian yang juga memantau pasar dimana wepreventcrime disebar, serta memantau kinerja anggota wepreventcrime dari waktu ke waktu.

Divisi terakhir ,Divisi Perusahaan. Divisi ini mengatur segala urusan teknis dan kerumah tanggaan dari wepreventcrime. Di dalamnya, terdapat Bagian Sirkulasi, Percetakan, dan Promosi; Bagian Danus, Pengiklanan dan Media Partner; dan Bagian Proyek yang tugasnya mencanangkan program-program nyata wepreventcrime seperti workshop sampai acara setingkat social project.

Terus, kalau mau ikut oprec-nya harus ngapain?

Untuk mekanisme pendaftaran open recruitment, temen-temen bisa mengirimkan berkas berupa form yang sudah disiapkan dengan mengisi identitas dan CV teman-teman. Pengumpulan berkas dapt dilakukan melalui e-mail mulai tanggal 6-8 Januari 2013 ke e-mail oprec.himakrim2013@gmail.com. Untuk pengambilan form pendaftaran, teman-teman dapat mengunjungi halaman khusus Open Recruitment Himpunan Mahasiswa Kriminologi yang ada dibawah ini.

Open Recruitment HIMAKRIM 2013

Selain dengan mengirimkan identitas dan CV teman-teman, ada satu lagi tugas untuk teman-teman yang mau ikut open recruitment wepreventcrime. Seperti apa tugasnya? Teman-teman diminta melampirkan karya teman-teman untuk nantinya akan diseleksi bersama identitas dan CV yang teman-teman kirimkan. Karya yang seperti apa? Teman-teman bisa memilih salah satu bentuk karya berikut untuk dikirimkan:

    1.      Tulisan

Teman-teman bisa mengirimkan karya berupa tulisan ilmiah. Tulisan yang akan teman-teman buat akan mengangkat tema salah satu dari pilihan tema yang ditawarkan. Tulisan minimal terdiri dari 500 kata, diketik dengan font Times New Roman ukuran 12; spasi 1,5; Justified;  format file berupa dokumen Microsoft Word 97-2003 (.doc) dengan nama file berupa:

Judul tulisan (spasi) Nama Lengkap (garis miring) NPM

   2.      Foto

Teman-teman juga bisa mengirimkan karya berupa hasil foto orisinil teman-teman yang dengan memilih salah satu tema dari tiga tema yang ditawarkan. Foto disertai essai yang menjelaskan tentang foto terkait, dengan minimal 200 kata, diketik dengan font Times New Roman ukuran 12; spasi 1,5; Justified. File foto dan tulisan dikirimkan melalui file yang terpisah dalam satu e-mail. Format file berupa dokumen Microsoft Word 97-2003 (.doc). Penamaan file foto dan essainya berupa:

Foto     : Judul foto (spasi )Nama Lengkap (garis miring) NPM

Essai    : (Esai) Judul tulisan(spasi )Nama Lengkap (garis miring) NPM

   3.      Ilustrasi

Kemudian teman-teman juga bisa mengirimkan karya berupa ilustrasi hasil orisinil teman-teman yang juga mengangkat salah satu dari pilihan tema yang ditawarkan. Ilustrafi bisa berupa grafis komputer, atau ilustrasi langsung yang dipindai dengan scanner. Ilustrasi disertai essai tentang konsep tema yang diangkat dengan minimal 200 kata, diketik dengan font Times New Roman ukuran 12; spasi 1,5; Justified. File ilustrasi dan tulisan dikirimkan melalui file yang terpisah dalam satu e-mail. Format file berupa dokumen Microsoft Word 97-2003 (.doc). Penamaan file ilustrasi dan essainya berupa:

Foto     : Judul ilustrasi (spasi) Nama Lengkap (garis miring) NPM

Essai    : (Esai) Judul ilustrasi (spasi )Nama Lengkap (garis miring) NPM

Apa aja pilihan tema untuk karyanya?

Teman-teman bisa memilih salah satu dari tiga tema yang ditawarkan berikut ini:

–          Budaya

Membahas cara pandang  terhadap budaya sebagai kejahatan, atau pun kejahatan sebagai budaya dimana budaya dominan seringkali mengkriminalisasi budaya yang terpinggirkan.

–          Suara

Membahas suara dan pengaruhnya sebagai salah satu faktor yang menjadi penyebab terjadinya kejahatan.

–          Modus

Membahas muslihat yang terjadi dan digunakan dalam dunia kejahatan serta pembahasan kebijakan terkait modus terkait.

Karya yang dibuat merupakan karya yang berdasar pada pemikiran sosiologis-kriminologis. Oh iya, penggunaan sumber akademik seperti jurnal dan buku dalam pembuatan karya akan mendapat nilai lebih dalam proses seleksi loh! Jagan lupa, karya harus orisinil ciptaan teman-teman sendiri.

Terus, bagaimana teknis pengumpulan karyanya?

Karya yang sudah teman-teman buat bisa langsung dikirim ke e-mail wepreventcrime yaitu:

wepreventcrime@yahoo.com

Subjek e-mail yang dikirim diisi dengan format seperti berikut:

(Nama Lengkap)_(NPM)_(KARYA WPC)

Karya bisa teman-teman kirimkan mulai dari tanggal 6 Januari 2013 sampai dengan 10 Januari 2013 pukul 18.00 WIB. Jangan lupa mencantumkan nomer telepon yang bisa dihubungi ya!

Lalu pengumumannya kapan?

Pengumuman seleksi open recruitment WPC akan diberi tahu melalui SMS pada tanggal 10 Januari 2013 mulai pukul 20.00 WIB. Teman-teman yang menerima SMS nantinya akan dipanggil untuk wawancara pada tanggal 11 Januari 2013 pukul 09.00 s/d pukul 16.00 dan 12 Januari 2013 pukul 09,00 s/d pukul 16.00 di PAU.  Jadi, ada proses wawancaranya juga. Jangan lupa ya!

Jadi buat teman-teman yang merasa tertantang, ayo buruan ikut open recruitment wepreventcrime.

Contact Person:

Arief Tri Hantoro        085693097684 / BBM 26C53C78

Andreas Meiki              081808159034 / BBM 295D9B03


One thought on “Open Recruitment WePreventCrime 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s