Social Project wepreventcrime: Bersama Mencegah Kejahatan

Kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat dari pelakunya, tetapi juga karena adanya kesempatan. Waspadalah! waspadalah!”Sepertinya, tagline yang biasa diucapkan oleh Bang Napi di salah satu acara berita kriminal itu hanya dianggap angin lalu oleh masyarakat kini.

Pada dasarnya, kejahatan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Begitupun untuk menjadi penjahat, mereka terus-menerus belajar untuk megetahui cara melakukannya. Banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum penjahat melakukan aksinya. Mulai dari kondisi tempat, karakteristik korban, dan juga waktu pelaksanaan aksinya.

Perubahan sosial yang kini terjadi, baik secara langsung maupun tidak langsung, memunculkan kesempatan terjadinya tindak kejahatan. Seperti anggota masyarakat yang cenderung kurang peduli dan tidak waspada terhadap kondisi lingkungan, akan rentan menjadi korban suatu tindakan kejahatan. Di saat itulah, para pelaku kejahatan menemukan dan menganalisis setiap peluang-peluang yang ada dalam kehidupan sehari-harinya. Setelah mempertimbangkan target korban, langkah-langkah, dan kesempatan, pelaku kejahatan pun melakukan aksinya.

Tindakan kriminal itu variatif. Tiap tindak kriminal menyebabkan akibat yang berbeda-beda, dan tiap pelaku kejahatan melakukan aksinya dengan alasan yang berbeda-beda. Oleh karena itulah, penegakan kebijakan hukum dari atas saja tidak cukup, perlu tindakan yang sama banyak dan sama variatifnya dengan tindakan kriminal. Strategi komperhensif pencegahan kejahatan dari pemerintah, ditambah dengan penegakan hukum yang kuat, harus disertai dengan keterlibatan masyarakat umum dalam pembentukan rancangan pencegahan tindak kejahatan.

Maka dari itu, dibutuhkan langkah-langkah preventif dari setiap elemen masyarakat untuk meminimalisir tingkat kejahatan yang ada. Sebagai bentuk nyata pengabdian bagi masyarakat, wepreventcrime, dibawah naungan HIMAKRIM dan Departemen Kriminologi, mengadakan Social Project dengan tema “Sebuah Komitmen Bersama Mencegah Kejahatan”. Rangkaian acara ini bertujuan untuk menyadarkan civitas academica dan masyarakat umum untuk selalu waspada dan berkontribusi dalam usaha preventif demi mengurangi tindak kejahatan yang ada.

Social Project wepreventcrime dilaksanakan pada tanggal 3 sampai 6 Desember 2012 sebagai acara dalam rangkaian PEKAN KRIM 2012. Rangkaian acara Social Project wepreventcrime terdiri dari pembagian gembok motor demi mengurangi potensi tindak curanmor, dan pembagian pepper spray bagi kaum perempuan untuk melindungi diri. Ada juga propaganda untuk meningkatkan kewaspadaan melalui pembagian gantungan kunci, pin, dan sticker berisi ajakan untuk cegah kejahatan. Selain itu, juga diadakan lomba poster, lomba mural serta lomba pembuatan film pendek sebagai ajang berkarya, berhadiah, dan berkontribusi dalam mencegah kejahatan. Ketentuan lomba dapat dilihat disini.

Bagi anda yang berminat berkontribusi dalam pencegahan kejahatan, untuk mendapatkan info lanjut tentang Social Project ini, silahkan follow twitter @wepreventcrime, atau kunjungi blog kami di https://wepreventcrime.wordpress.com/.

Contact Person: Yanuar Permadi (087878977736)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s