Cegah Jahat? Kita Bisa!

Dunia semakin berkembang, setiap detiknya ada yang bertambah. Bertambah pintar, bertambah kaya, dan juga bertambah besar potensi untuk terjadinya kejahatan. Oleh karena itu, sebagai seorang yang dianugerahi intelektualitas, maka kita, seharusnya, dapat membuat langkah-langkah untuk menanggulangi kejahatan.

Saat ini, sudah bukan zamannya lagi kita bertumpu pada pihak keamanan maupun aparat penegak hukum (dalam hal ini polisi) untuk memberikan jaminan keamanan pada diri kita. Kita sendiri, sebagai sasaran dari kejahatan juga harus lebih waspada. Lalu, bagaimana caranya?

Seperti telah disebutkan diawal, bahwa dunia berkembang, kejahatan juga ikut berkembang, dan, seharusnya, metode pencegahannya juga ikut berkembang. Setidaknya, saat ini terdapat tiga model pencegahan kejahatan yang bisa dlakukan. Pertama, situational crime prevention. Kedua, community-based crime prevention. Dan, ketiga, social-based crime prevention.

Satu model yang melibatkan partisipasi langsung dari masyarakat adalah community-based crime prevention. Model ini menggunakan masyarakat sebagai subjek utamanya dalam melakukan pencegahan kejahatan. Melalui model ini, masyarakatdituntut untuk dapat berpartisipasi aktif dalam melakukan pencegahan kejahatan.

Untuk lingkungan kampus sendiri, banyak sekali contoh penerapan dari model pencegahan kejahatan ini. Salah satu contohnya adalah penerapan polisi kampus. Peran mereka tentu saja berbeda ketimbang dengan polisi pda umumnya. Bentuk lainnya adalah aksi kolektif yang langsung muncul dari mahasiswa. Tentunya mahasiswa sering bergerak dan melakukan aksi bukan? Kenapa tidak untuk melakukan aksi pencegahan kejahatan?

Lalu, masih berfikir bahwa diri kita masih dilayani oleh aparat dan pihak keamanan untuk menjamin keselamatan kita? Yuk, mari kita sedikit mengubah paradigma bahwa kejahtan dapat dicegah mulai dari diri kita sendiri. Cegah Jahat? Kita bisa!

wepreventcrime


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s