Srikandi

Terlahir dalam keadaan sama telanjang

Dimana aku juga terperanjat dalam tubuh

Lembut bibir ini terasa langu

Bercermin didepan air molek tubuh nan senandung

 

Lama aku tak bersuara

Sampai paru ini sesak tak bernafas

Menahan sakit dan pilu

Kentara mereka tertawa miris

 

Selayang pandang sejumut malam

Sampai hatikah berpikir aku ini rendah

Sudahkah rasa itu hinggap?

Terantai dalam jemari

 

Aku terancam hilang dari peradaban

Dikangkangi lumut dan parasit

Terbuang ke dasar hidup

Dibatasi tembok keegoisan semata

 

Apakah aku salah?

Semata aku lain daripada kalian

Terkungkung tubuh elok

Tapi bukan itu

 

Angin saja enggan berpaling dariku

Berbisik merdu dibalik sinar mentari

Rembulan pun tesenyum pahit

Menyaksikan elegi malam riuh

 

Seakan aku tak bertenaga

Menderma kerisauan hati sesama

Bergurau dalam lamun senja

Sampai itu pun aku tak mampu

 

Ku menunggu dan tak kunjung bersua

Hidup ini seakan tidak adil

Realita dengan sejuta pedih

Memang hal itu ada

 

Maka gelap pun aku terjang

Memaksa masuk dengan mata terbuka

Bersiap dengan pikiran jernih

Bersenjata keteguhan hati emas

 

Bagai rantai kuat

Kami bersejawat dengan hikmat

Menepis gulita semu

Menggebrak hidup serempak

 

Terus menderu kemenangan sejati

Kelumit hidup tercampak rongsok

Mendedahkan awan pekat

Merobek keciak hati bersama

 

Sekarang aku bukan lagi jemarimu

Bearada digarda depan bersama

Sejajar tapi bukan seperti kalian

Karena aku Srikandi

 

Kutabaru, 21 April 2012

_______________________________________

Tentang Penulis

Kahfi Dirga Cahya

“Aku berpikir maka aku ada”, Rene Descrates. Setidaknya itu yang menjadi prinsip dasar bagi bujang yang satu ini. Baginya, berpikir dapat memberikan dia ketenangan dan menganggap dirinya sendiri ada, serta hidup di muka bumi. Kahfi juga aktif dalam berbagai tempat, di antaranya  sebagai direktur litbang di Khatulistiwamuda, dan redaktur pelaksana di media online Tepiwaktu, serta freelance editor di berbagai penerbit. Pemuda yang berstatus mahasiswa Kriminologi 2011 ini sekarang mulai aktif di Himpunan Mahasiswa Kriminologi (HIMAKRIM) FISIP UI, divisi buletin WPC, dan bertindak sebagai staff redaksi.


Leave a Reply

