Kejahatan dan Kenaikan BBM

Berita kenaikan harga bahan bakar minyak, khususnya jenis bensin Premium, tentu sudah terdengar sampai di telinga kita. Kenaikan harga yang akan terjadi pada 1 April 2012 nanti. Pemerintah menyatakan bahwa kenaikan harga BBM disebabkan karena pembengkakan subsidi BBM dan juga kenaikan harga minya dunia. Pembengkakan subsidi inilah yang menyebabkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara  (APBN) tidak sehat.

Namun kita tidak akan membahas permasalahan ekonomi yang menyangkut harga BBM atau sejenisnya. Permasalahan kejahatan akibat kenaikan harga BBM   serta reaksi dari oknum-oknum tertentu yang mempunyai kesempatan untuk melakukan tindak kejahatan yang menjadi titik sorotnya.

Sebenarnya, kenaikan harga BBM tidak akan menjadi masalah besar bagi masyarakat Indonesia, asalkan segi sosial juga dibenahi dengan baik agar masyarakat juga siap menghadapi kenaikan harga BBM.

Penimbunan BBM (khususnya Premium) yang akan terjadi dapat dilakukan oleh oknum-oknum tertentu yang memiliki kekuasaan. Jika penimbunan itu terjadi maka kelangkaan BBM (khususnya Premium) dapat terjadi. Kelangkaan BBM itulah yang dapat merugikan masyarakat. Sesuai dengan definisi kejahatan menurut Prof. Dr. Muhammad Mustofa yaitu pola tingkah laku yang dilakukan oleh individu-individu atau sekelompok individu maupun suatu organisasi  dalam masyarakat yang merugikan masyarakat dan dapat menimbulkan korban (Mustofa, 2010: 23). Di sini masyarakat yang dirugikan berperan sebagai korban, yaitu korban kelangkaan BBM.

Kelangkaan itu dapat terjadi jika dalam kenaikan harga BBM pemerintah juga tidak membenahi aspek sosial yang ada di masyarakat. Tujuan dari penimbunan BBM oleh oknum-oknum tertentu adalah mencari keuntungan di tengah kesulitan ekonomi masyarakat akibat kenaikan harga BBM tersebut. Alasan kenaikan harga BBM premium memang wajar terjadi jika pemerintah mengalami pembengkakan subsidi dan ketidak sehatan APBN.

Selanjutnya kenaikan harga BBM juga diiringi kenaikan barang kebutuhan lainnya. Kenaikan harga barang kebutuhan itulah yang terkadang tidak wajar dan sangat merugikan masyarakat. Khususnya masyarakat ekonomi kelas bawah. Ini terbukti dengan banyaknya unjuk rasa dan demonstrasi yang menolak kenaikan harga BBM tersebut yang kebanyakan dilakukan oleh mahasiswa dan masyarakat kelas bawah.

Memang terdengar agak klise, tapi Pemerintah juga harus turut memperbaiki moral dan norma yang ada di masyarakat. Turut sertanya aparat penegak hukum juga berperan serta untuk mengatasi penimbunan ini, sebelum harga BBM benar-benar akan ditetapkan naik. Jangan sampai ada aparat penegak hukum yang mem-back up kegiatan penimbunan BBM tersebut.

________________________________

Tentang Penulis

Andreas Meiki Sulistiyanto

Biasa disapa Meiki atau Andre atau Item. Orang ini mudah dikenali melalui ciri-ciri fisiknya: jarang melepas kacamata warna hitam dari wajahnya serta memiliki kulit hitam walaupun dia berasal dari keturunan Suku Jawa asli. Maka dari itu ia sangat menentang politik Apartheid. Mahasiswa Kriminologi FISIP UI angkatan 2011 ini selain aktif di Himpunan Mahasiswa Kriminologi (HIMAKRIM) FISIP UI, bagian divisi Buletin WPC, dia juga aktif di kegiatan jurnalistik fakultas yang dikenal dengan FISIPERS (Pers Mahasiswa Sosial Politik Universitas Indonesia). Gemar mendengarkan lagu-lagu Iwan Fals yang dianggapnya sebagai suara jiwa para rakyat kecil Indonesia. Rokok adalah bahan bakar utama disaat otaknya sudah mengalami kebuntuan. Saat ini sedang berusaha membangun sebuah blog untuk dirinya sendiri.


3 thoughts on “Kejahatan dan Kenaikan BBM

  1. Kenaikan bbm akan menyengsarakan rakyat banyak, semoga saja pemerintah mengeti akan hal tersebut. Subsidi yang dibilang banyak dinikmati oleh kalangan menengah ke atas meskipun benar, kata “banyak” disini apabila dibandingkan dengan jumlah orang kaya dan orang miskin di indonesia tentunya akan mengalami perbedaan pengertian.jumlah orang miskin lebih banyak di indonesia dibandingkan dengan orang kaya.

  2. selain itu juga ada kejahatan orang mampu pakai premium padahal premium diperuntukkan untuk orang yang kurang mampu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s