Temu Pertama Seluruh Anggota WPC

Pertemuan pertama seluruh anggota baru wepreventcrime (WPC) di taman Perpustakaan Pusat UI.

Saat ini, wepreventcrime (WPC) menjadi bagian dari Himpunan Mahasiswa Kriminologi (HIMAKRIM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Indonesia (UI), dan mengelola Divisi Buletin WPC. Ada semacam niatan bersama dari sebagian besar mahasiswa kriminologi untuk mulai membangkitkan kembali satu kondisi berkegiatan intelektual di lingkungan mahasiswanya, tetapi tetap tak lepas dari nuansa yang gembira, seru, santai dan tetap ringan. Salah satu strateginya adalah bermain di ranah pengelolaan media oleh mahasiswa, baik online maupun cetak.

Pasca kegiatan open recruitment yang diselenggarakan oleh HIMAKRIM beberapa hari lalu untuk merekrut keanggotaan/pengurus baru dari mahasiswa (yang berarti juga merekrut anggota baru untuk WPC), seluruh anggota, yang sekarang sudah resmi menjadi staf redaksi WPC edisi cetak, melakukan kegiatan berkumpul bersama untuk pertama kalinya. Semua anggota berkumpul di Perpustakaan Pusat, Universitas Indonesia, di sore hari sekitar pukul empat, pada Hari Selasa, 13 Maret 2012.

Firman dan Drajat memandu jalannya diskusi.
Drajat sedang menjelaskan kerangka kerja WPC di depan anggota baru (dari kiri ke kanan: Meiki, Yanuar, Luthfi, Tua, Kahfi dan Agra)

Pertemuan ini dimaksudkan untuk para seluruh anggota agar dapat saling mengenal satu sama lain secara lebih dekat, dan sekaligus mendiskusikan kerangka dan timeline kerja WPC selama satu periode kepengurusan di HIMAKRIM ke depannya. Hasil dari godokan bersama tersebut—saat itu, diskusi dipandu oleh Firman ‘Kaspo’ Setyaji dan Drajat ‘Bede’ Supangat di depan anggota baru—akan menjadi kerangka kerja untuk dipresentasikan lagi di Rapat Kerja yang akan dihelatkan oleh HIMAKRIM dalam waktu dekat.

Sarah, Ketua HIMAKRIM, sedang berdiskusi dengan Firman, Kadep Divisi Buletin WPC, dan anggota WPC lainnya: Rangga, Drajat dan Reza

Pada kesempatan itu pula, Ketua HIMAKRIM kita, Sarah Ayu, menyempatkan hadir untuk ikut berdiskusi. Sarah, panggilannya, sangat mengapresiasi inisiatif dari Divisi Buletin WPC yang mulai bangkit dan gencar mempersiapkan perencanaan untuk kerja setahun ke depan. Tak lupa, ia juga menyampaikan masukan dan dorongan semangat kepada semua anggota baru di Divisi Buletin WPC.

“Kita merasa perlu untuk menyajikan sebuah konten yang benar-benar menarik untuk dikonsumsi warga masyarakat FISIP!” begitulah kira-kira penjelasan dari Sarah. “Kriminologi itu serius, tetapi perlu ada strategi untuk menyajikannya dengan ringan ke depan publik.”

Sarah, ketika sedang memberi penjelasan kepada seluruh anggota WPC.

Sarah juga menjelaskan bahwa dengan adanya media cetak dari HIMAKRIM dan WPC, akan terbuka peluang bagi seluruh mahasiswa kriminologi untuk menyalurkan kreativitas dan potensi akademiknya ke ranah khalayak pembaca di FISIP UI. Selain itu, kehadiran media cetak ini juga dapat meningkatkan eksistensi mahasiswa kriminologi yang berkualitas, sebagai aktor pergerakan dan perubahan yang lebih baik bagi masyarakat kita.

“Kita juga harus peka, bahwa ada divisi lain di dalam HIMAKRIM yang sama pentingnya. Untuk itulah fungsi buletin ini dioptimalkan untuk meng-highlight semua kegiatan dari masing-masing divisi tersebut. Intinya, kita, sesama mahasiswa kriminologi, harus saling mendukung satu sama lain,” lanjut Sarah.

Firman, ketika sedang memimpin diskusi.
Bagas (kiri) sedang berinteraksi dengan anggota baru WPC.
WPC bersiap-siap pulang.

Pertemuan yang berlangsung santai itu berjalan dengan lancar. Meskipun penuh dengan candaan, tetapi semua anggota yang hadir menyimak jalannya diskusi dari awal hingga akhir. Kegiatan berkumpul tersebut berlangsung sekitar dua jam, dan semua anggota bubar ketika maghrib menjelang.

______________________________________________

Tim WPC


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s