si Om (tentang) Kenakalan

Sebuah tulisan ringan dari Nadhira, Kriminologi UI 2006

 

Waktu dulu, gue sering melakukan kejahatan. Akan tetapi karena waktu itu gue masih kecil (di bawah 18 tahun) berdasarkan Undang-undang Perlindungan Anak maka kejahatan itu disebut sebagai kenakalan. Yang paling jahat adalah ketika waktu itu gue ngambil cap bergambar badut punya temen sebangku di kelas. Setelah gue bosen, dan tintanya udah mau abis, gue balikin lagi itu cap ke tas temen gue. Kalo dipikir-pikir emang keterlaluan. Selama 2 hari temen gue uda mau nangis nyariin cap itu. Bahkan dia sempet ngubek-ngubek tas gue. Tapi gue selamat karena capnya masuk ke selip-selipan tas yang bolong.

Ngomong-ngomong soal kenakalan, gue rada takjub mendengar pernyataan seorang aktor senior Indonesia yang pernah dipenjara 2 kali karena drugs. Saat dimintai keterangan sama wartawan tentang pendapatnya mengenai actor “x” yang kembali di tangkap karena kasus drugs, si om bilang begini, “Yah. kadang-kadang polisi ga bisa bedain kejahatan sama kenakalan“ Sambl ketawa-ketawa nyeleneh.

Pliss deh, Om! Sebenernya yang ga bisa bedain Om, apa pak polisi ? Trus gue baru inget, kalau si Om kaga belajar kriminologi.

Biar Om-nya ngerti, sini saya jelasin dengan kalimat yang mudah ya, Om. Kalau kenakalan itu, hanya untuk individu yang belum genap 18 tahun. Kalau sudah di atasnya, itu namanya kejahatan. Terkait dengan kasus drugs, kalau dia hanya sebagai pengguna dan tidak mengedarkan, itu namanya juga bukan kejahatan tapi lebih kepada penyimpangan. Karena itu lebih baik tidak dipenjarakan karena penjara udah penuh. Eh bukan ding! Tapi karena pola sosialisasi yang kurang baik di penjara akan cenderung membuat oknum yang tadinya hanya menggunakan akan naik pangkat jadi pengedar. Nah kalo si actor “x” mah namanya doyan. Udah satu kali di penjara, masih aja nekat. Sama lah kaya, Om!


Leave a Reply

